Kawaii Beauty Japan

Diet

Hindari Makanan Berkalori Tinggi Ini Saat Sedang Diet!

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan kalori harian. Tapi sering banget kamu malah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi tanpa kamu sadari.

Yenni Octavia

Saat ingin menurunkan berat badan, memperhatikan kandungan setiap makanan yang masuk kedalam mulut kamu adalah hal yang sangat penting. Terutama mengurangi makanan yang mengandung banyak kalori.

Jika kamu mengkonsumsi kalori melebihi kalori harian yang dianjurkan, wajar saja kalau berat badan kamu selalu bertambah. Atau mungkin tanpa sadar kamu sudah mengkonsumsi makanan dengan kalori yang tinggi. Cobalah sebisa mungkin untuk menghindari beberapa makanan yang ternyata mengandung kalori tiinggi, berikut ini: 

Kentang Goreng

Saat pergi ke restoran cepat saji, biasanya kamu akan memesan burger atau ayam goreng dengan kentang, soda, dan saus sambal tentunya. Sebenarnya burger atau ayam saja sudah mengadung kalori yang tinggi, ditambah lagi mayonaise di dalamnya.

Apalagi kalau kamu juga memesan kentang goreng. Kentang goreng di restoran cepat saji biasanya dimasak dengan cara deep frying menggunakan minyak, yang semakin meningkatkan kalori dan kandungan lemak di dalamnnya. Pesanlah kentang yang dimasak dengan dipanggang, atau Baked Potatoes yang lebih rendah kalori. 

Saus Botol (Botol)

Untuk sebagian besar orang Indonesia, saus sambal adalah bagian terpenting saat makan makanan seperti ayam, kentang, burger, dan sebagainya. Inilah yang kamu sering tidak sadari. Saus sambal biasanya mengandung gula dan sodium yang digunakan sebagai pengawet. Nggak Cuma saus sambal (saus botol) saja yang mengandung kalori tinggi, kecap manis, saus barbekyu, dan mayonaise juga termasuk didalamnya. So, sebisa mungkin hindari penggunaan saus sambal botol yah ladies!

Gorengan

Tentunya kamu sudah tahu kalau gorengan mengandung banyak lemak dan tidak sehat, apalagi yang di jual di pinggir-pinggir jalan. Nggak cuma itu, kalau kamu benar-benar ingin mengurangi asupan kalori kamu, hindarilah makanan yang di goreng, terutama yang dilapisi tepung. Karena menyerap lebih banyak minyak dan meningkatkan jumlah kalori di dalamnya. 

Pilihlah makanan yang dimasak dengan cara dipanggang atau direbus,karena lebih sehat dan memiliki kalori yang lebih rendah.

BACA JUGA: Gorengan Bisa Tetap Sehat dengan 3 Tips Masak Berikut Ini!

Camilan (Keripik)

Buat kamu yang punya hobi ngemil, kamu benar-benar harus berusaha keras meninggalkan makanan yang satu ini. 

BACA JUGA: 5 Cemilan Alternatif Enak dan Sehat Untuk Diet Sukses

Camilan keripik yang biasa menjadi teman nonton tv, memiliki kandungan garam dan minyak yang tinggi. Sebuah penelitian menyatakan, dengan mengkonsumsi 15 potong keripik kentang saja bisa menaikan berat bada 0,7 kg dalam empat tahun. Nggak kebayang dong berapa banyak keripiki yang sudah kalian habiskan selama ini? 

Kopi

Sebenarnya bukan kopi yang mengandung banyak kalori, melainkan pemanis tambahan yang kamu masukkan kedalamnya. Seperti sirup karamel, vanila, whipped cream, dan sebagainnya. Secara tidak sadar, kamu telah meningkatkan jumlah kalori di dalam segelas kopi yang kamu minum. 

BACA JUGA: 4 Cara Membuat Kopi Jauh Lebih Sehat

Ingin kurus memang memerlukan usaha yang keras. Tapi nggak cuma buat kamu yang sedang diet kok, buat kamu yang tidak melakukan diet tidak ada salahnya bila kamu mengatur jumlah kalori harian kamu. Selain menjaga berat badan, kamu juga bisa menjaga kesehatan tubuh kamu dengan asupan makanan yang seimbang. 

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait