Kawaii Beauty Japan

Hair

Tips Menjaga Kelembapan Rambut agar Tetap Sehat

Walau Indonesia termasuk ke dalam negara dengan iklim tropis, gaya hidup masa kini dimana kita lebih banyak menghabiskan waktu dalam ruang ber-AC membuat rambut kering dan kaku. Apa solusinya?

Istiarina Putri

Mengapa Rambut Lebih Kaku dan Sulit Diatur pada Musim Hujan?

Walau seharusnya kini Indonesia sudah memasuki musim kemarau, ternyata akhir-akhir ini didapati beberapa kota besar dilanda hujan deras yang cukup sering.

Nah, cuaca yang berubah-ubah ini tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan tubuh tapi juga rambutmu. Merasa tidak sih, di saat musim hujan atau jika kamu banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC, maka rambut terasa keras, kering, dan jadi sulit diatur?

BACA JUGA: Cek 3 Ciri Rambut Rusak Disini

Penyebab Rambut Kering

Dilansir dari shinnihonseiyaku.co.jp, penyebab utama dari rambut keras, kering, dan sulit diatur adalah kurangnya kadar kelembapan pada rambut.

Rambut terdiri atas protein yang disebut keratin. Nah, saat rambut basah, maka rambut menjadi gampang diatur karena adanya air yang berfungsi melembapkan. Oleh karena itu, ketika rambut kering, bentuk rambut berubah dan lebih sulit diatur.

Perhatikan Metode Pengeringan Rambutmu 

Jika kamu sering mengeringkan rambut dengan hair dryer, maka rambutmu rentan terkena risiko rambut kering dan rusak, ladies.

Mengapa? Hal ini karena hair dryer berfungsi mengeringkan rambut dengan membuka kutikula sehingga kadar air dalam rambut menguap. Hasilnya, rambut akan menjadi lebih kering dan bisa mengakibatkan rambut bercabang. Jika dibiarkan terus menerus, rambutmu bisa rusak dan rontok.

Sinar Matahari = Musuh Rambutmu

Selain itu, sinar ultraviolet alias UV juga bisa menjadi ancaman bagi rambut sehatmu. Rambut yang terekspos sinar UV dapat mengakibatkan protein dalam rambut berubah sifatnya, sehingga rambut menjadi lebih kasar dan sulit diatur.

Bila hal tersebut terjadi, maka oksigen aktif dari kutikula rambut akan terkelupas sehingga sinar UV selanjutnya akan lebih mudah masuk ke dalam rambut. Dan hal ini hanya akan menjadi efek domino yang mengakibatkan kerusakan rambut lebih lanjut.

Cara Membuat Rambut Lembap dengan Perawatan Dasar Rambut

1. Bersihkan Rambut dengan Benar

Bersihkan rambutmu dengan benar, usahakan tidak ada kotoran yang tersisa setelah keramas. Hal ini bukan berarti kamu harus menggosok kulit kepala dengan keras ya. Jangan pernah gunakan kukumu untuk menggosok kulit kepala.

BACA JUGA: Apa Cara Keramasmu Sudah Benar?

Gunakan metode khusus dengan mengepalkan tanganmu. Kemudian gunakan buku jari untuk memijat kulit kepala saat keramas. Jika kamu perhatikan, salon-salon terkenal menggunakan metode ini untuk memijat kulit kepala para kliennya.

2. Lakukan Ritual Perawatan Rambut Secara Rutin 

Setelah kulit kepala dan rambut bersih, barulah kamu bisa menutrisi rambut dengan maksimal. Gunakan produk perawatan rambut khusus untuk masalah rambut kering dan sulit diatur. Kamu bisa memilih untuk melakukannya sendiri di rumah atau mengunjungi salon.

3. Imbangi dengan Nutrisi Makanan 

Selain perawatan dari luar, sebaiknya kamu juga mengimbangi dengan nutrisi dari dalam. Ya, kesehatan rambut juga sangat didukung oleh nutrisi makanan yang kita konsumsi.

BACA JUGA: Ternyata Rambut Bisa Lebih Lebat dengan Makanan Ini!

4. Keringkan Rambut dengan Benar

Seperti yang telah disebutkan di atas, pengeringan rambut dengan hair dryer juga merupaka n faktor pendukung kerusakan rambut. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak menggunakan hair dryer terlalu dekat dengan rambut, kemudian gantilah udara hair dryer dari panas ke dingin secara bergantian.

Selain itu, kini sudah ada teknologi ion tertentu untuk produk pengering rambut dengan manfaat tidak membuat rambut kering dan rusak seperti SHARP Plasmacluster Hair Dryer.

Psst, kamu bisa memenangkan hair dryer ini dengan mengikuti KBJ Present Campaign lho!

Tagged in:
Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait