Kawaii Beauty Japan

Hair

Apa Cara Keramasmu Sudah Benar?

Kenapa kita harus keramas? Dan siapa saja yang perlu keramas? Bagaimana cara keramas yang benar? Yuk, baca di sini!

Kasih Elia Lg

Semua orang perlu keramas. Keramas membuat rambut kita bersih setelah aktivitas harian yang membuat berkeringat, atau debu-debu yang ada sepanjang kita beraktivitas. Para ahli menganjurkan mencuci rambut selama 5 menit, 3-4 kali seminggu tergantung dengan jenis kulit kepalamu. Untuk kamu yang berkulit kepala kering, mungkin kamu bisa lakukan 2-3 kali saja seminggu. Sebaliknya untuk kulit kepala yang berminyak, kamu bisa lakukan 4-5 kali seminggu.

Di luar dari waktu keramas, mungkin saja caramu keramas belum sepenuhnya benar dan tidak bersih. Cara keramas yang salah sangat bisa membuat kulit kepalamu berkerak karena kotoran atau bekas shampoo yang tertinggal karena tidak dibilas dengan bersih hingga tuntas. Jadi, bagaimana cara keramas yang benar? Yuk, disimak!

Pertama, sisir rambutmu sebelum membasahinya. Ini membantu mengurangi kusut. Rambut yang kusut setelah keramas akan sulit disisir. Karena sulit disisir kamu biasanya akan menyisir lebih kuat agar bagian kusutnya tertarik. Ini akan menyebabkan kerontokan.

Kedua, basahi rambutmu, lalu taruh shampoo pada telapak tanganmu secukupnya. Mulailah mencuci rambutmu dari kulit kepala hingga ke ujung batang rambutmu.

Ketiga, bila rambutmu panjang, mungkin kamu butuh menambahkan sedikit lagi shampo. Jangan bilas rambutmu untuk menambahkan shampoo. Sedikit air untuk membasahi kembali sudah cukup. Lupakan cara-cara dalam iklan yang menyuruhmu untuk cuci bilas sampai bersih kemudian ulangi sekali lagi. Sekali cuci saja cukup apabila kamu benar-benar menggosok kulit kepala sampai bersih merata.

Keempat, setelah kamu selesai menggosok rambutmu, saatnya membersihkan kotoran-kotoran yang telah terangkat dalam busa shampoo. Bilas mulai dari kulit kepala, siram air dengan satu tangan sambil tangan satunya menggosok daerah kulit kepala untuk rambut yang benar-benar bersih dan memastikan tidak ada residu / busa shampoo tersisa pada kulit kepalamu. Berhentilah membilas setelah memastikan tidak ada busa yang tampak dari air bilasan.

Setelah rambutmu bersih dengan sempurna, kamu boleh lanjutkan dengan mengaplikasikan kondisioner mulai dari pertengahan batang rambut. Jangan mengaplikasikan kondisioner pada kulit kepala. Karena akan membuat kulit kepalamu gatal-gatal. Setelah itu pastikan kamu membilas rambutmu dari sisa-sisa kondisioner sampai bersih.

Nah, ladies, semoga kamu tidak bingung lagi dengan cara membersihkan rambut yang benar ya!

 

Kawaii Beauty Japan Newsletter

Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait