Kawaii Beauty Japan

Health

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Suka mengorek telinga untuk membersihkan kotoran telinga? Atau kamu lebih suka menggunakan ear candle? Yakin cara ini sudah benar dan tidak berbahaya?

Leonita Nerisa

Kamu sering membersihkan telinga menggunakan cotton bud atau ear candling? Mulai sekarang berhentilah melakukan hal tersebut.

Darimana Asal Kotoran Telinga?

Kotoran telinga merupakan kombinasi dari cerumen yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous untuk menjaga kulit di dalam telinga tetap lembab dan sel kulit mati. Percaya atau tidak, telinga sebenarnya di desain untuk dapat membersihkan kotoran telinga dengan sendirinya.

 

Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud

Dengan menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga sebenarnya dapat menggangu proses natural dari pergantian kulit telinga itu sendiri. Dengan begitu, akan membuat lebih banyak lagi kotoran di telinga dan juga ketika menggunakan cotton bud akan ada kemungkinan kotoran telinga terdorong ke dalam dan menyumbat telinga.  

Bagaimana Dengan Ear Candling?

Ear candling adalah salah satu cara membersihkan telinga yang cukup populer belakangan ini. Menurut direktur  penelitian otoligic di New York, Ana Kim,M.D., cara ini bukanlah hal tepat dan disarankan untuk membersihkan telinga. Memasukan lilin berlubang ke dalam telinga dan membakarnya dengan harapan dapat menyedot kotoran di telinga yang berasal dari panas lilin yang terbakar dapat menimbulkan potensi tebakarnya gendang telinga dan juga ada kemungkinan lilin tersangkut di dalam telinga yang dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

 

Cara Membersihkan Telinga Yang Benar

Ana Kim menyarankan meneteskan 1 – 2 tetes hidrogen peroksida ke dalam telinga selama kurang lebih 10 menit sebelum mandi. Cairan hidrogen peroksida dapat membantu melunakan kotoran telinga dan akan keluar dengan sendiri bersamaan ketika sedang mandi. Lakukan langkah ini sebulan sekali dan olesi telinga luar menggunakan mineral oil setiap harinya untuk mencegah kulit kering yang menjadi salah satu penyebab kotoran di telinga. Perlu diperhatikan, jika kamu pernah memiliki lubang di gendang telinga dan telah menjalani operasi telinga, langkah ini tidak disarankan karena dapat menimbulkan infeksi. Cara lainnya adalah dengan menggunakan lap mandi untuk membersihkan telinga bagian luar.

Mulai sekarang hindari mengorek telinga secara berlebihan dan ear candle ya ladies!

Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait