Kawaii Beauty Japan

Diet

Ingin Cepat Turunkan Berat Badan? Coba 4 Gerakan Ringan Berikut Ini!

Diet yang tepat tidak hanya dilakukan dengan membatasi porsi makanan saja, namun juga harus dilengkapi dengan olahraga untuk mempercepat pembakaran lemak.

Santi Berlinawati

Tahukah kamu bahwa ternyata olahraga ringan dapat mempercepat hasil dietmu? Diet ketat sering dijadikan jalan pintas untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Padahal, diet yang terlalu ketat cukup beresiko bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan.

Sebenarnya untuk menurunkan berat badan dengan cepat tidak harus melalui diet yang ekstrim. Diet sewajarnya ditemani dengan olahraga teratur cukup efektif untuk mengurangi berat badan. Dengan olahraga, kalori yang terbakar akan lebih banyak sehingga hasil diet pun lebih maksimal. Tidak perlu memilih olahraga yang terlalu berat, karena hasilnya tidak ditentukan dari seberapa berat olahraga yang kamu lakukan.

Olahraga Ringan Lebih Cepat Membakar Lemak

Jenis-jenis olahraga ringan sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Bahkan olahraga ringan yang dilakukan dengan teratur dalam waktu minimal 30 menit dapat menghilangkan lebih banyak lemak dibandingkan dengan jenis-jenis olahraga berat. Hal ini dikarenakan ketika melakukan olahraga ringan selama lebih dari 30 menit, tubuh akan kehabisan energi dan mengambil cadangan energi baru dari lemak.

 

Namun, tidak demikian halnya dengan olahraga berat, karena yang terjadi adalah pembakaran protein dari otot, dan bukan pembakaran lemak. Jadi, mulai sekarang lengkapi dietmu dengan melakukan olahraga-olahraga ringan selama minimal 30 menit setiap hari dengan konsisten.

Jenis-jenis Olahraga Ringan untuk Menemani Dietmu

Pilih salah satu dari olahraga ringan di bawah ini untuk mempercepat hasil dietmu:

Berjalan

 

Ini adalah olahraga yang paling gampang untuk dilakukan di mana dan kapan saja. Terlebih lagi, kamu tidak perlu memakai kostum khusus untuk melakukannya. Kamu bisa menjadikannya sebagai bagian dari rutinitasmu, misalnya, mengurangi intensitas mengendarai mobil atau motor dan memilih jalan kaki. Atau, lakukan sembari mengerjakan pekerjaan rumah.

Berenang

 

Berenang juga cukup efektif untuk membakar lemak di dalam tubuh. Lakukan dengan ringan dan santai. Olahraga ini tidak hanya menurunkan berat badanmu, tapi juga dapat mengencangkan lengan, paha, dan perut.

Bersepeda

 

Olahraga ini cukup menyenangkan untuk dilakukan. Selain membakar kalori dan menyehatkan, kamu bisa bersepeda sambil menikmati suasana di pagi atau sore hari. Atau kalau mau lebih seru, kamu bisa bergabung dengan klub bersepeda setempat.

Menari

 

Menari dapat dijadikan sebagai pilihan bagi kamu yang tidak begitu menyukai olahraga konvensional yang membosankan. Koordinasi antara gerak dan musik memang sangat mengasikkan, sehingga kamu tidak akan menyadari bahwa kamu sudah menari dalam waktu yang cukup lama.

 

Keberhasilan dietmu tidak hanya ditentukan dari berkurangnya porsi makanmu, tapi juga harus diimbangi dengan olahraga yang tepat. Olahraga-olahraga ringan sudah cukup untuk membantu proses dietmu, dan yang paling penting adalah menjaga tubuhmu tetap fit.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait