Kawaii Beauty Japan

Health

Ini Dia Durasi Tidur yang Paling Sehat!

Kurang tidur, salah. Kebanyakan tidur pun, salah. Duh, sebenarnya berapa lama sih waktu tidur yang paling sehat?

Istiarina Putri

Apakah kamu sering bertanya-tanya tentang berapa jam tidur yang sebenarnya dibutuhkan oleh manusia? Atau kamu penasaran akan berapa durasi tidur yang paling menyehatkan?

Tenang ladies, kamu tidak sendirian. Gangguan tidur sendiri telah menjadi salah satu masalah yang paling banyak dialami oleh penduduk dunia.

Akan tetapi, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Sleep" dengan menggunakan data 1.885 laki-laki dan 1.875 perempuan ternyata berhasil mengumpulkan informasi berdasarkan jumlah absensi kerja partisipan.

BACA JUGA: Tidur Sehat Untuk Tubuh Lebih Sehat

Ini Dia Durasi Tidur yang 'Sempurna'!

Ternyata hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa para partisipan yang mengambil cuti paling jarang ternyata tidur selama kurang lebih 7,6 jam (bagi wanita) dan 7,8 jam (bagi pria) setiap malamnya.

Lebih jauh lagi, partisipan yang tidur kurang atau lebih dari rata-rata durasi tidur 'sempurna' ternyata memiliki risiko cuti sakit lebih banyak. Jumlah cuti sakit yang diambil oleh partisipan yang tidak memiliki durasi tidur sempurna hingga 8 hari cuti sakit setiap tahunnya.

BACA JUGA: Tidur Terlalu Lama Berbahaya Bagi Kulit

Faktor Lain yang Mempengaruhi Tidur

Jenis Kelamin

Selain durasi tidur, ternyata jenis kelamin pun juga menentukan perilaku dan kualitas tidur. Pria dilaporkan menggunakan obat tidur jauh lebih sering dibanding wanita. Selain itu, pria juga lebih gampang terbangun dibanding wanita.

Suhu Udara dan Musim

Selain jenis kelamin, ternyata suhu udara dan juga musim juga mempengaruhi kualitas tidur. Untuk negara tropis misalnya, udara yang panas dapat memicu kesulitan untuk tidur sementara udara pada suhu 20-25 derajat Celsius merupakan suhu yang dapat membuat lebih cepat mengantuk.

Kendati demikian, penelitian ini hanya menunjukkan korelasi antara durasi tidur yang tidak optimal dan peningkatan jumlah cuti sakit pada partisipan. Hal ini sendiri tidak memberikan kesimpulan bahwa kedua hal tersebut memiliki hubungan sebab-akibat.

BACA JUGA: Tips Untuk Tidur Berkualitas

Akan tetapi, ada baiknya untuk mengikuti durasi tidur yang disarankan, yaitu tidak kurang dari 5 jam dan tidak lebih dari 9 jam.

Kalau kamu biasanya tidur berapa jam ladies?

 

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait