Kawaii Beauty Japan

Food

Apa Sih Manfaat Minum Air Jeruk Nipis bagi Kesehatan?

Sering sakit atau merasa tubuh tidak fit? Wah, jangan dibiarkan terus-terusan ya ladies. Nah, daripada mesti ke dokter dan malah merogoh kocek lebih banyak, yuk simak manfaat air jeruk nipis!

Istiarina Putri

Jeruk nipi memang dikenal asam dan seringkali dihindari banyak orang karena cita rasanya yang khas tersebut. Nah, tapi jangan salah, ternyata si asam jeruk nipis itu memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja sih?

Manfaat Air Jeruk Nipis bagi Kesehatan

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti layaknya buah-buahan lainnya, jeruk nipis kaya akan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C sendiri dapat menetralkan tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas sendiri dapat merusak sel tubuh sehat sehingga menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Selain itu, radikal bebas juga dapat mengubah kolesterol sehingga dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

Jeruk nipis sendiri mengandung komponen flavonoid unik yang berfungsi sebagai properti antioksidan dan anti-kanker. 

Hidrasi

Malas minum air putih? Duh, jangan deh, karena kadar air dalam tubuh itu penting untuk menjaga stabilitas tubuh. Nah, buat kamu yang malas minum air putih karena bosan dengan rasanya, coba deh minum air perasan jeruk nipis. Tentunya dengan cita rasa yang menyegarkan bisa membuat kamu semakin rajin minum!

BACA JUGA: Ini Dia Waktu Terbaik Minum Air Putih agar Lebih Sehat!

Melancarkan Pencernaan

Minum perasan jeruk nipis hangat setiap pagi ternyata sangat bermanfaat dalam membantu memperlancar proses pencernaan. Hal ini karena jeruk nipis berfungsi membersihkan organ pencernaan dan memperlancar kerja hati dan usus. Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah pencernaan, kamu patut mencoba minum perasan jeruk nipis.

Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih merupakan gangguan yang paling sering dialami oleh wanita. Oleh karena itu, jika kamu menghadapi masalah ini, kamu bisa mencoba meminum air perasan jeruk nipis karena dapat mengubah pH darah dan saluran kemih sehingga bakteri pun musnah.

BACA JUGA: Jangan Suka Menahan Kencing, Bisa Berbahaya Sekali bagi Kesehatan!

Menyegarkan Nafas

Bau mulut seringkali menjadi masalah bagi para wanita (bahkan pria) dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Nah, daripada repot membeli mouthwash atau terus-terusan mengunyah permen penyegar nafas, jeruk nipis bisa menjadi alternatif pilihan yang lebih murah dan alami.

Hal ini karena jeruk nipis dapat melawan bakteri dalam mulut. Namun berhati-hatilah agar selalu berkumur dengan air putih karena jeruk nipis dapat mengikis enamel gigimu.

Nah bagaimana ladies, kelima manfaat jeruk nipis di atas hanyalah sedikit dari puluhan manfaat jeruk nipis bagi tubuhmu. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi air perasan jeruk nipis secara rutin mulai dari sekarang ya!

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait