Kawaii Beauty Japan

Makeup

Ini Dia Jenis-Jenis Pewarna Bibir yang Wajib Kamu Ketahui

Pewarna bibir cuma lipstik? Salah besar ladies! Ternyata ada banyak jenis pewarna bibir yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik bibirmu. Yuk simak apa saja!

Reiny Andiani Hk

Sebagai wanita, kita tentu tidak bisa mengabaikan penampilan. Salah satu alat penunjang penampilan bagi wanita adalah makeup. Makeup dapat membuat wanita terlihat lebih segar, rapi, cantik, dan yang terpenting adalah percaya diri. 

Tentu kamu sudah tahu bahwa makeup yang digunakan bukan hanya satu saja, ada beberapa jenis produk makeup yang harus kamu gunakan untuk tampil cantik dan segar. Salah satu yang terpenting adalah pewarna bibir. Lipstik? Hmm... Bukan itu saja ladies. Ternyata pewarna bibir ada banyak jenisnya lho.

Yuk belajar apa saja sih jenis-jenis pewarna bibir!

Lipstik

 

Percaya atau tidak, lipstik ternyata telah ditemukan sejak zaman dahulu kala lho ladies! Lipstik ditemukan pertama kali oleh orang Filipina dengan cara menggerus batu permata yang kemudian digunakan untuk menghias wajahnya; umumnya pada bibir dan sekitar mata.

Lipstik berbahan dasar lilin (wax), pigmen pewarna, dan minyak. Bentuk pewarna bibir berupa lipstik adalah jenis pewarna bibir yang paling populer karena juga merupakan pewarna bibir pertama dan paling banyak tersedia.

Lip Gloss

Lip gloss adalah produk pewarna bibir yang berfungsi untuk memberikan kilau pada bibir. Efek yang dihasilkan oleh lip gloss adalah bibir yang basah dan terlihat lebih bervolume. Lip gloss sendiri umumnya berbentuk cair atau padat (stick).

Selain memberikan kesan 'basah' dan berkilau, kebanyakan lip gloss juga mengandung glitter untuk memberikan shimmering effect. Untuk kamu yang memiliki bibir tipis dan ingin memiliki bibir yang tampak lebih bervolume, sangat disarankan untuk memakai produk pewarna bibir yang satu ini.

Lip Liner (Pensil Bibir)

Lip liner alias pensil bibir adalah produk pewarna bibir yang berfungsi untuk membentuk atau memperjelas bentuk bibir. Lip liner berbentuk pensil atau krayon dan biasanya memiliki banyak jenis warna seperti lipstik.

Untuk kamu yang memiliki bentuk bibir yang asimetris atau tidak sama atau menginginkan bentuk bibir yang lebih rapi atau lebih tebal, kamu bisa menggunakan pensil bibir untuk mengoreksinya.

Nah, lip liner sendiri tidak mengandung minyak atau kandungan pelembap lainnya, oleh karena itu sebaiknya kamu mengoleskan lip balm sebelum menggunakan lip liner ya cantik!

 

Lip Tint

Lip Tint termasuk jenis pewarna baru yang cukup baru. Tidak seperti pewarna bibir lainnya, lip tint berbahan dasar air sehingga teksturnya ringan dan tidak lengket.

Pertama kali diperkenalkan oleh drama Asia, khususnya Korea Selatan, lip tint masih digemari oleh banyak wanita terutama Indonesia karena memberikan kesan natural, cantik, dan ringan di bibir.

Meski berbahan dasar air, lip tint tidak mengandung pelembap sehingga kamu tetap harus menggunakan lip balm sebelum memakainya ya.

Tint Balm

Hampir sama seperti lip tint, tint balm adalah pelembap bibir tapi memiliki warna sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki bibir yang kering. Pewarna bibir yang satu ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Lip Polish

Lip Polish adala kombinasi pewarna bibir yang memberikan efek warna dan kilau dalam satu produk. Meski tampak seperti lip gloss, lip polish memiliki tekstur yang lebih cair dan tidak lengket.

Hasi akhir dari pemakaian lip polish adalah bibir yang terlihat berwarna alami tapi sedikit berkilau. Daya tahan produk ini pun juga jauh lebih tahan lama dan lebih cepat kering dibanding lip gloss.

Lip Cream

Lip cream adalah lipstik tapi dalam bentuk cream. Lip cream memiliki hasil akhir yang hampir serupa dengan lipstik, bukan lip gloss. Terkadang hasil akhirnya bahkan lebih pigmented dibanding lipstik sehingga sangat cocok untuk kamu si penyuka warna-warna terang.

Penggunaannya jauh lebih praktis dan presisi dibanding lipstik karena terdapat aplikator terpisah seperti lip gloss. Teksturnya pun jauh lebih ringan dan cukup melembapkan bibir sehingga kamu terkadang tidak memerlukan pemakaian lip balm sebelumnya.

Lip Palette

Lip palette merupakan lipstik yang dikemas dalam palet sehingga dalam satu kemasan terdapat beberapa warna yang berbeda.

Untuk kamu yang ingin lebih hemat atau memiliki profesi sebagai professional makeup artist, tentu lip palette menjadi pilihan. 

Selain itu, jika kamu gemar bereksperimen dengan warna lipstik, kamu bisa mencoba untuk mix warna-warna pada palette untuk menghasilkan warna baru. Seru bukan?

 

Nah, ternyata ada banyak sekali jenis pewarna bibir yang bisa kita gunakan untuk mempercantik bibir. Kamu pun bisa menyesuaikan jenis pewarna bibir dengan tujuan, kegiatan, hingga kebutuhan agar lebih cantik dan sesuai dengan situasi dan kondisi.

Mana jenis pewarna bibir favoritmu?

Tagged in:
Reiny Andiani Hk
I just like to write and share anything related to beauty and skincare. I like the skincare and make up Quality from Japan, i like Japanese fashion style and culture. Japan is one of my Bucket Lists :).
Share this article

Artikel Terkait