Kawaii Beauty Japan

Food

Manfaat Telur Untuk Tubuh Dari Ujung Rambut Sampai Kuku Kaki

Telur banyak ditemukan di berbagai jenis penganan baik asli Indonesia, maupun dari seluruh dunia. Tapi siapa sangka manfaatnya begitu banyak untuk tubuh.

Kasih Elia Lg

Siapa yang suka mengonsumsi telur? Suka tidak suka, telur banyak ditemukan bahkan di makanan paling dasar dan paling umum yang kita konsumsi setiap hari. Seperti nasi goreng, roti yang adonannya berbahan telur, dan berbagai hidangan telur dengan berbagai cara masak. Direbus, digoreng, diorak-arik, maupun didadar, telur selalu ada tidak hanya di Indonesia, tapi juga di penganan seluruh dunia.

Kita tahu telur mengandung protein dan menyehatkan. Tapi siapa sangka ada banyak manfaat lain dari telur yang belum diketahui banyak orang. Apa sajakah itu?

Manfaat Telur Untuk Seluruh Tubuh

Manfaat Telur Untuk Otak

Telur sangat kaya akan Kolin, zat yang berfungsi sebagai pembawa pesan atau sinyal dari neuron ke sel otak, dan dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Karena itulah telur dapat membantu menjaga kestabilan dan kesehatan otak. Belum lagi kuning telur, yang diketahui kaya akan asam folat yang menjaga kestabilan sel-sel saraf, ada untuk menjaga fungsi otak bekerja sempurna. Vitamin B12 yang ditemukan pada telur, melindungi otak dengan memproduksi lapisan mielin, yang melindungi tabung saraf dari segala bentuk kerusakan.

Manfaat Telur Untuk Tulang

Telur adalah gudangnya vitamin D, yang mana sangat penting untuk proses asimilasi kalsium di dalam tubuh. Bukan hanya itu, keberadaan kalsium dan fosfor dalam telur menjauhkan osteoporosis dan sangat menguntungkan karena dapat memperkuat ketahanan tulang.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Makanan yang Kaya akan Vitamin D buat Tulang Sehatmu!

Manfaat Telur Untuk Kesehatan Kuku dan Rambut

Telur dinyatakan mengandung asam amino dan kaya akan zat sulfur, yang tidak hanya dapat meningkatkan kualitas kuku, tapi juga dapat membuat rambut kamu tumbuh indah dan kuat. Mineral lain, seperti selenium, zat besi, dan zinc yang juga terkandung dalam telur pun, ikut berkontribusi dalam menjaga kesehatan rambut dan kuku kamu.

BACA JUGA: Hilangkan Minyak Dengan Masker Putih Telur

Manfaat Telur Untuk Organ Pencernaan

Telur sangat mudah untuk dicerna, baik ketika digoreng maupun direbus. Ini memudahkan telur untuk dicerna melewati semua organ pencernaan manusia. Dengan mudahnya telur untuk dicerna, telur dinyatakan sebagai makanan yang ramah untuk lambung. Terutama, telur rebus yang tidak diolah dengan minyak atau bahan lain.

Manfaat Telur Untuk Mata

Lutein dan zeaxanthin adalah dua karotenoid yang terkandung dalam telur. Kedua unsur ini, bekerja untuk menjaga agar kemampuan pandang mata tetap stabil dan sehat. Kedua komponen ini jugalah yang menjaga mata agar tidak terkena katarak, degenerasi dan sinar ultra violet.

Manfaat Telur Untuk Kesehatan Payudara

Beberapa studi menunjukan, enam telur seminggu dapat menurunkan potensi bahaya dan resiko munculnya kanker payudara pada seseorang hingga 44%. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

BACA JUGA: Alat Kontrasepsimu Dapat Menyebabkan Kanker Payudara? Benarkah?

Manfaat Telur Untuk Pemeliharaan Tubuh

Telur, yang kaya akan protein, dapat dikonsumsi untuk orang yang sedang berusaha untuk menaikkan massa otot. Kamu yang sedang berolahraga dengan tujuan muscle gain pastilah mendapatkan nasihat dari instruktur untuk mengonsumsi telur baik matang maupun mentah dengan resep tersendiri. Ini karena terbukti telur bermanfaat untuk pemeliharaan tubuh karena kaya akan protein dan sempurna sebagai makanan sehabis berolahraga. Kamu yang sedang diet juga bisa mengonsumsi telur karena telur dapat menghindari kebanyakan makanan dan menjaga kamu kenyang lebih lama, dan lebih sehat.

BACA JUGA: 5 Makanan yang Membuat Kamu Kenyang Lebih Lama

Nah, bagaimana? Manfaat telur untuk tubuh sangat luar biasa kan? Semoga informasi ini berguna untuk kamu ya, ladies!

Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait