Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Siapa Bilang Mengunyah Es Batu Bukan Masalah?

Nongkrong bersama teman sambil menikmati es batu sisa minumanmu bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk para pencinta es batu, tapi apakah kamu pernah mempertimbangkan bahayanya?

Yenni Octavia

Menikmati sensasi dingin yang diciptakan es batu didalam mulut memang menyegarkan, dan suara es batu saat dikunyah bisa memberikan kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Sehingga hal ini sering dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Apakah kamu salah satu orang yang sering mengunyah es batu? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan mengunyah es batu mulai sekarang.

Disadari atau tidak, teryata kegiatan menyenangkan ini bisa menyebabkan masalah kesehatan lho!

Merusak Gigi

Hal yang satu ini penting untuk kamu waspadai, terutama untuk kamu yang sudah pernah menambal gigimu. Mengunyah es batu bisa menyebabkan keretakan pada gigi dan mengikis enamel gigi yang akan menyebabkan kerusakan pada syaraf gigi.

BACA JUGA: Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Gigimu (1)

Kerusakan ini diakibatkan aktivitas pada gigi dalam usahanya memecahkan sesuatu yang keras dalam waktu yang lama. Jika sudah begini kamu memerlukan perawatan saluran akar (root canal treatment) yang tentu saja tidak mudah dan tidak murah.

Anemia

Menurut sebuah penelitian, tes darah yang dilakukan pada orang-orang yang memiliki kebiasaan ini ternyata menunjukkan kadar hemoglobin yang rendah, yang disebut pagophagia, yang mengindikasi kurangnya kadar zat besi pada darah.

Seorang pencinta es batu mengatakan, telah merusak tiga giginya karena hobi mengunyah es batu, dan didiagnosa menderita anemia parah sehingga harus mengkonsumsi zat besi dan menjalani prosedur ablasi.

Sebenarnya para peneliti belum benar-benar memahami kaitannya, namun mereka mencurigai konsumsi es batu yang kompulsif akan mengurangi kadar zat besi di dalam tubuh. Meski belum diyakini kebenarannya, tidak ada salahnya kan kalau kamu mulai mewaspadainya.

BACA JUGA: Ini Dia Cara Membedakan Es Batu Mentah dan Matang!

Selain bahaya mengunyah es batu, kamu juga perlu mewaspadai es batu yang kamu konsumsi. Jika kamu menginginkan minuman dingin, cukup ambil air dingin yang berasal dari kulkas, atau pastikan es batu itu terbuat dari air matang. Es batu yang berasal dari air mentah, atau es batu balok yang biasa digunakan para pedagang kaki lima mengandung banyak bakteri, yang bahkan sama dengan bakteri yang ditemukan di dalam tinja.

Bayangkan saja berapa banyak bakteri yang akan masuk kedalam tubuhmu, jika kamu mengunyah es batu tersebut. Jangan sampai kamu sakit hanya karena menuruti keinginanmu mengunyah es batu. Lebih baik mencegah daripada mengobati lho! 

Tagged in:
Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy