Kawaii Beauty Japan

Health

Makan Sambil Berdiri? Siapa Bilang Gak Sehat?

Banyak yang berkata bahwa makan sambil berdiri atau berjalan itu tidak baik. Pendapat itu sering datang dari sisi agama. Namun ternyata makan sambil berdiri itu tidak berbahaya bagi kesehatan.

Istiarina Putri

Ya, benar. Ternyata makan sambil berdiri atau bahkan berjalan tidak memiliki bahaya kesehatan.

Walau terbukti bahwa sebaiknya kita tidak makan sebelum tidur, berenang, atau sebelum menjalani prosedur medis (operasi), ternyata secara ilmiah, makan sambil berdiri tidak berbahaya.

Yuk kita bahas mitos dan fakta tentang makan sambil berdiri dari sudut pandang kesehatan.

Makan Sambil Berdiri Bisa Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Banyak yang bilang makan sambil berdiri atau berjalan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Akan tetapi, ternyata berdasarkan literatur medis, makan sambil berdiri ternyata tidak termasuk ke dalam penyebab gangguan pencernaan atau functional dyspepsia.

Jadi, jika kamu mengalami gangguan pencernaan, sebaiknya kamu mengubah pola makan, berhenti merokok dan konsumsi alkohol serta kopi, bukan berarti kamu harus selalu makan sambil duduk.

BACA JUGA: Hati-Hati! Makanan ini Bisa Bikin Menua Lebih Cepat!

Jadi posisi makan sambil berdiri tidak ada hubungannya sama sekali dengan gangguan pencernaan ya.

Akan tetapi, ternyata ada masalah yang timbul dari makan sambil berdiri. Ternyata, kita cenderung makan lebih cepat apabila makan sambil berdiri. Jadi, ada pendapat bahwa makan sambil berdiri itu bisa menyebabkan gangguan pencernaan karena kecepatan makan.

Oleh karena itu, perhatikan kecepatan makanmu, daripada posisi. Karena ternyata kecepatan makan lebih memicu gangguan pencernaan.

Selain itu, makan secara perlahan juga terbukti baik dalam proses penurunan berat badan. Karena makan lebih lambat dan mengunyah lebih lama ternyata mampu menekan nafsu makan.

BACA JUGA: Santap 6 Makanan Enak Ini di Saat Diet!

Jadi, gak khawatir makan sambil berdiri lagi dong ladies!

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait