Kawaii Beauty Japan

Japan

Uniknya Adat Pernikahan ala Jepang

Orang Jepang juga punya adat dalam pernikahan mereka lho. Yuk kita intip bersama-sama!

Kasih Elia Lg

Pakaian Pengantin

Orang Jepang mempunyai dua jenis pakaian yang umum dipakai, yaitu gaya Jepang dan gaya barat. Gaya Jepang itu sendiri adalah pakaian tradisional turun temurun Jepang dari jaman dulu. Sudah tahu pasti kan? Ya, benar! Pakaian pengantin bergaya Jepang yang dipakai oleh pengantin Jepang adalah kimono berwarna putih, yang memang khusus digunakan sebagai gaun pernikahan tradisional Jepang. Sementara gaya barat yang dimaksud adalah gaun-gaun pernikahan yang berupa dress dengan sentuhan Eropa dan Amerika.

Hadiah Pernikahan

Di Jepang, para tamu pernikahan memberikan uang sebagai hadiah. Hadiah uang ini dimasukkan dalam amplop yang memiliki dekoratif khusus yang dinamakan Goshugibukuro. Dekoratif berbentuk simpul tali yang menggambarkan ikatan pernikahan yang kekal dan tidak putus. Sementara, untuk uangnya sendiri, orang Jepang biasanya akan memberikan jumlah kepala ganjil. Yang paling umum adalah 30.000 Yen. Sementara orang-orang yang lebih tua biasanya memberikan 50.000 Yen. Angka ganjil ini melambangkan angka yang tidak bisa dibagi dua. Sebagai tanda, pasangan yang menikah ini telah jadi satu, dan tidak bisa jadi dua kembali.

Menarik bukan? Kalian pasti berpikir hal-hal ini kecil, tapi pada kenyataannya ini sangatlah romantis, dan membuat para tamu juga sadar tidak sadar, mendoakan yang terbaik untuk kedua mempelai.

Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait