Kawaii Beauty Japan

Makeup

Bahaya Kosmetik Kadaluarsa dan Cara Mengenalinya

Seperti halnya makanan, kosmetik kadaluarsa juga berdampak buruk bagi kesehatan apabila terus digunakan. Mari simak apa saja sih bahaya kosmetik kadaluarsa

Yenni Octavia

Pernahkah kamu mencium aroma lipstik yang sering kamu pakai? Apakah aromanya berubah? Nah, jika ya, bisa jadi lipstikmu sudah kadaluarsa, ladies. Seperti halnya makanan, kosmetik kadaluarsa juga berdampak buruk bagi kesehatan apabila terus digunakan. Mari simak apa saja sih bahaya kosmetik kadaluarsa berikut ini.

Di akhir tahun seperti ini, banyak sekali toko yang menawarkan diskon atau harga spesial. Saat melihat produk kosmetikmu sedang murah, mungkin kamu akan langsung membelinya dalam jumlah banyak.

 

BACA JUGA: Tips & Trik Aman Bermake Up di Saat Berjerawat

Tapi tahukah kamu kalau kosmetik memiliki batas kadaluwarsa? Dengan membeli dalam jumlah yang banyak, belum tentu kamu bisa menghabiskannya sebelum tanggal kadaluwarsa, atau kamu menggunakan kosmetik tanpa tahu kapan tanggal kadarluarsanya. Kosmetik yang kadaluwarsa akan menyebabkan beberapa masalah kulit, seperti berikut:

Bahaya Kosmetik Kadaluarsa

Infeksi

Ladies, apakah kamu sering jerawatan atau mengalami infeksi pada mata setelah menggunakan kosmetik? Coba cek lagi tanggal kadaluarsa kosmetik kami.

Infeksi pada mata dan jerawat biasanya disebabkan karena penggunaan maskara, eyeliner atau make up base yang sudah kadaluarsa. Kosmetik biasanya menggunakan pengawet, jika kosmetik yang digunakan sudah kadarluarsa, maka begitu juga dengan pengawetnya, jadi gak heran kalo pemakaiannya menyebabkan infeksi pada wajahmu.

Alergi

Tahukah kamu kalau kosmetik yang kamu gunakan bisa terjangkit kuman atau bakteri? Bayangkan bagaimana dengan kosmetikmu yang sudah kadaluwarsa cukup lama.

Banyaknya kuman dan bakteri di dalam kosmetik kadaluwarsamu bisa menimbulkan reaksi alergi jika kamu paksakan untuk menggunakannya. Seperti kemerahan, gatal – gatal, dan benjol – benjol yang berlangsung selama beberapa waktu.

BACA JUGA: Oh! Alergi Akibat Makeup!

Nah, bahayanya cukup mengerikan ya, ladies. Untuk itu, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk mengenali kosmetik kadaluarsa dan mengatasi pemakaiannya.

Perhatikan Waktu Penyimpanan dan Penggunaan Kosmetikmu

Seperti yang tadi sudah disebutkan, bahwa kosmetik bisa dengan mudah terjangkit bakteri apalagi jika sudah dibuka.

Berapa lama kamu menggunakan maskara atau eyelinermu? Maskara yang sikatnya sudah pernah dikeluarkan dari botolnya, hanya bisa digunakan 3 – 4 bulan paling lama.

Untuk eyeliner sebaiknya kamu gunakan paling lama satu tahun, dan 6 bulan untuk base. Karena kemasan yang sudah terbuka, semakin lama kamu menyimpan dan menggunakan semakin banyak bakteri yang masuk.

Bersihkan Peralatan Kosmetikmu

Selalu cuci kuas atau sponge yang kamu gunakan paling tidak seminggu sekali agar tetap bersih dan bakterinya tidak menular ke kulitmu. Perhatikan juga kualitas produk yang kamu beli, apakah menggunakan bahan yang baik atau tidak.

Yuk peduli sama kulitmu. Gak mau kan kulit wajahmu rusak karena kecerobohanmu dalam menggunakan kosmetik?Please be careful yah ladies!

Tagged in:
Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait